Beda dengan Jokowi, Fadli Zon: WNI Eks ISIS Boleh Dipulangkan ke Indonesia

ChannelBeritaBaru

ChannelBeritaBaru - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mendukung wacana pemulangan ratusan Warga Negera Indonesia (WNI) eks ISIS dari Suriah, Timur Tengah. Dukungan Fadli tersebut justru berbanding terbalik dengan pandangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Fadli menilai pemulangan sekitar 600 WNI eks-ISIS dari Timur Tengah tetap harus dilakukan, sebab bagaimanapun juga mereka tetap WNI, sehingga pandangan Jokowi dinilainya kurang tepat.

"Menurut saya tidak tepat, karena bagaimana pun mereka itu warga Indonesia, kita harus mengambil satu kajian, melihat satu per satu persoalannya seperti apa, ini kan 660 orang," kata Fadli saat ditemui di HUT ke-12 Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Namun, Fadli meminta proses pemulangannya harus diawasi pemerintah dengan ketat, sebab sebagian dari mereka terkadang hanyak dijebak dan tidak tahu apa-apa dengan gerakan ISIS.

"Kecuali mungkin orang-orang yang memang secara sadar melakukan tindakan tindakan yang sudah betul-betul merugikan banyak orang," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan tidak menyetujui pemulangan ratusan WNI mantan kombatan ISIS dari Timur Tengah yang kedapatan dalam video sudah membakar paspor masing-masing.

Namun, Jokowi mengatakan belum bisa secara resmi menuangkan hal tersebut menjadi satu kebijakan yang nantinya diimplementasikan pemerintah.

Sebab, kata Jokowi, pemerintah lebih dulu akan menggelar rapat terbatas sebelum memutuskan apakah bakal memulangkan atau tidak ratusan WNI eks ISIS tersebut.

"Ya kalau bertanya kepada saya, ini belum ratas ya. Kalau bertanya kepada saya, saya akan bilang tidak. Tapi, masih diratas-kan," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan, semua kebijakan yang dilakukan pemerintah termasuk memulangkan WNI eks ISIS harus melalui perhitungan yang detail.